Jumat, 13 Oktober 2017

Jawaban studi kasus SPM: Enager Industries, Inc.

1. Mengapa proposal produk baru McNeil ditolak? Haruskah seperti itu? Jelaskan.
Proposal McNeils ditolak karena Hubbard memutuskan investasi baru harus memiliki ROA minimal 15% sementara proposal McNeils memiliki ROA 13%.


Seharusnya Hubbard tidak langsung menolak hanya dengan melihat proyeksi ROA. Sebelum melakukan investasi, perlu dilihat NPV dan IRR dari rencana investasi tersebut, namun dalam hal ini diperlukan tambahan informasi. Selain itu, ROA divisi Consumer Products saat ini adalah 10.8% sehingga ROA investasi yang lebih tinggi tentu dapat meningkatkan ROA divisi jika ditinjau dari peningkatan ROA.


Selain itu, seharusnya dampak investasi tidak ditinjau hanya dari segi finansial saja. Investasi juga bisa dilihat dari aspek-aspek lain seperti peningkatan brand. Divisi-divisi di Enager memiliki karakteristik yang berbeda. Ketiga divisi berada pada industri yang berbeda sehingga syarat ROA minimal 15% untuk investasi baru akan lebih mudah dicapai oleh divisi Professional Service yang produknya berupa jasa dan tidak memiliki aset tetap. Ketentuan ROA minimal harus 15% perlu ditinjau kembali.

6.
Balance Scorecard Consumer Division

Balance Scorecard Industrial Division

Balance Scorecard Professional Service

Referensi:
Anthony, Robert N., dan Vijay Govindarajan. 2007 Management Control Systems. 12th ed. Boston: McGraw-Hill/Irwin.

0 komentar:

Posting Komentar